MAKALAH ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM COMPUTER AIDED INSTRUCTURE(CAI)
MAKALAH ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM
COMPUTER AIDED INSTRUCTURE(CAI)
COMPUTER AIDED INSTRUCTURE(CAI)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Di banyak bidang ilmu komputer, kecerdasan buatan
atau Artificial Intelligence (AI)
adalah bidang yang menantang dan kreatif. Dengan kelahiran dan pengembangan
kecerdasan buatan, orang mulai menggunakan
komputer untuk instruksi. Untuk membuat reformasi instruksi beradaptasi
dengan itu, kita perlu memperkenalkan metode instruksi tingkat lanjut,
penggunaan sistem instruksi dibantu komputer atau biasa disebut Computer Aided
Instruction (CAI).
Perkembangan teknologi
komputer yang pesat telah memacu munculnya berbagai aplikasi baru termasuk di
bidang pendidikan. Computer Aided Instruction (CAI)
adalah salah satu revolusi di bidang pendidikan berbasis teknologi multimedia.
CAI diharapkan dapat dijadikan alternatif bagi pengembangan sistem pendidikan
yang lebih efektif dan efisien dengan biaya yang lebih rendah di masa
mendatang. CAI dapat memberikan lingkungan instruksi
yang ideal, mudah untuk merangsang
antusiasme dan inisiatif siswa untuk belajar, sehingga secara signifikan
meningkatkan efek instruksi.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
definisi dari Computer
Aided Instruction?
2.
Bagaimana
ciri dari Computer
Aided Instruction?
3.
Bagaimana
menguasai strategi penggunaan Computer Aided Instruction?
4.
Apa
kelebihan dan
keterbatasan Computer Aided
Instruction?
C.
Tujuan
1.
Mahasiswa
dapat memahami definisi dari Computer Aided Instruction.
2.
Mahasiswa
dapat mengenali ciri dari Computer Aided Instruction.
3.
Mahasiswa
dapat menguasai strategi penggunaan Computer Aided
Instruction.
4.
Mahasiswa
dapat memahami kelebihan dan kekurangan Computer Aided Instruction.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi Computer
Aided Instruction
Istilah Computer
Aided Instruction (CAI) dapat didefinisikan sebagai sebuah
bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk
sekolah maya. Pada umumnya CAI merupakan segala kegiatan pendidikan yang menggunakan
media komputer. Banyak pula penggunaan terminologi yang memiliki arti hampir
sama dengan CAI. Web based learning, online learning, computer-based
training/learning, distance learning, e-learning, dan lain sebagainya
adalah terminologi yang sering digunakan untuk menggantikan CAI. Terminologi
CAI sendiri dapat mengacu pada semua kegiatan pengajaran dan pembelajaran yang
menggunakan media elektronik atau teknologi informasi.
B. Ciri Sistem Computer Aided Instruction
Adapun ciri-ciri sistem CAI,
yaitu:
1.
Pelajar dapat mengakses materi ajar
tanpa dibatasi waktu, ruang dan tempat.
2.
Dukungan komunikasi:
(i)
Sinkron.
(ii)
Asinkron.
(iii)
Dapat direkam.
3.
Jenis materi ajar: Multimedia (teks,
gambar, audio, video, dan animasi).
4.
Paradigma pendidikan “learning-oriented”:
(i)
Asumsi: setiap pelajar ingin belajar
dengan sebaik-baiknya.
(ii)
Pelajar akan secara aktif terlibat
dalam membangun pengetahuannya dan mengaitkannya dengan apa-apa yang telah
diketahuinya atau dialaminya.
C. Strategi Computer Aided Instruction
Banyak
kasus kegagalan menerapkan CAI yang terjadi di organisasi
seluruh dunia karena organisasi tersebut tidak mempersiapkan strategi
penerapan CAI yang handal. Kasus kegagalan menerapkan CAI yang
paling sering terjadi disebabkan tidak ada strategi biaya. Praktisi pelatihan
tidak akan menemui banyak kesulitan dalam meminta dana anggaran CAI saat
pertama kali.
Manajemen
tergiur manfaat penerapan CAI sehingga mereka mudah memberikan
dana. Akan tetapi, masalahnya biaya awal akan terus membengkak tanpa strategi
yang handal. Pihak manajemen tidak akan senang dimintai dana terus-menerus.
1. Manfaat Strategi Computer Aided Instruction
Penyusunan strategi untuk CAI sangat
bermanfaat untuk:
a.
Memperjelas tujuan pembelajaran dan
pengajaran yang ingin dicapai.
Adanya strategi penerapan CAI yang baik
membuat jenis pembelajaran dan pengajaran untuk suatu lembaga atau organisasi
lebih terencana dan terarah kepada peningkatan mutu pembelajaran dan pengajaran
lebih cepat tercapai.
b.
Mengetahui sumber daya yang
dibutuhkan
Strategi yang baik harus
menggambarkan kondisi sekarang, kondisi yang akan dicapai, dan hal-hal yang
harus dilakukan (action plan). Perumusan strategi yang lengkap
memperlihatkan secara jelas resource yang dibutuhkan, baik
dalam bentuk sumber daya manusia, keuangan, infrastruktur, dan lain-lain.
c.
Membuat semua pihak yang terlibat
untuk tetap mengacu pada tujuan yang sama.
Adanya strategi yang jelas membuat semua pihak yang terlibat
mengacu pada jadwal dan rencana kegiatan (action plan) yang sama. Mereka
dapat menyelaraskan usaha berdasarkan strategi dan mengarahkan usaha pada
tujuan yang sama agar mudah dicapai.
d.
Mengetahui pengukuran keberhasilan
Strategi penerapan CAI yang baik akan
mengikutsertakan pengukuran. Strategi memiliki tujuan akhir berupa target pelaksanaan.
Target tersebut dapat menjadi ukuran. Apabila target tercapai, maka
penerapan CAi dapat dikatakan sukses.
2. Struktur Strategi Computer Aided Instruction
Langkah-langkah menyusun strategi CAI melibatkan
empat tahap:
a.
Analisis
Faktor-faktor yang dianalisis:
·
Kebutuhan pembelajaran dan
pengajaran
Analisis kebutuhan pembelajaran dan
pengajaran akan melihat keadaan pembelajaran dan pengajaran sekarang dan apakah
keberadaan CAI dapat memberikan dampak positif.
·
Kebutuhan pelatihan
Analisis kebutuhan pengajaran akan
melihat kebutuhan pembelajaran dari segi pengajaran secara lebih spesifik dan
hubungannya dengan CAI. Analisis mengulas dasar-dasar praktik
analisis kebutuhan pelatihan (Training Need Analysis), dimana terlihat
perbedaan (gap) antara kinerja yang dibutuhkan organisasi dengan kinerja
sumber daya manusia yang sebenarnya. Analisis perbedaan sering disebut gap
analysis.
·
Budaya organisasi
Analisis juga dilakukan terhadap
kultur perusahaan, apakah kultur tersebut cocok dan kondusif untuk
menerapkan CAI.
·
Infrastruktur
Menganalisis keadaan teknologi dan
infrastruktur organisasi dari segi pelaksanaan CAI.
b.
Perencanaan
Perencanaan merupakan sesuatu yang
harus dilakukan dalam strategi apapun. Hasil analisis tahap sebelumnya menjadi
dasar proses menyusun rencana penerapan CAI. Perencanaan yang
dibuat meliputi banyak aspek strategi. Aspek perencanaan utama yang harus
ditinjau adalah:
·
Network
Bagian ini merencanakan apa yang
harus disiapkan dari segi infrastruktur dan teknologi agar dapat
menerapkan CAI sesuai keinginan.
·
Learning
Management System
e-learning memerlukan suatu sistem sebagai platform untuk
menjalankannya. Sistem tersebut sering dinamakan Learning Management
System (LMS). Oleh karena itu, perlu direncanakan pula fungsi-fungsi
yang harus dimiliki LMS dan bagaimana mengembangkannya agar sesuai kebutuhan.
·
Materi
Hasil analisis kebutuhan pelatihan
yang dilakukan tahap sebelumnya berhubungan erat dengan merencanakan materi
pelajaran CAI. Materi yang ditawarkan harus sesuai hasil analisis
kebutuhan pelatihan. Merencanakan apakah materi pelajaran ingin dibuat sendiri
atau dibeli dari perusahaan penyedia jasa CAI.
·
Marketing
Agar mencapai hasil maksimal, harus
dibuat pelajar agar karyawan tertarik dan berminat mencoba CAI.
Oleh karena itu, harus direncanakan cara pemasaran atau promosi yang cocok dan
merencanakan pula cara menyiapkan anggota organisasi, agar mereka dapat
menerima CAI. Cara-cara ini sering disebut change
management.
c.
Pelaksanaan
Tahap pelaksanaan dapat dibagi menjadi tiga
bagian berdasarkan waktu pelaksanaan.
·
Pre-launch
Di sini, akan dilaksanakan kegiatan
yang harus dipersiapkan sebelum peluncuran CAI. Pada dasarnya,
harus dipastikan bahwa produk tidak memiliki kelemahan atau kekurangan.
Tindakan yang dilakukan termasuk testing terakhir (Users’ Acceptance Test), pilot
project, focus group, promosi (poster, email teaser,
dan sebagainya).
·
Launch
Setelah semua persiapan selesai, masuk ke bagian peluncuran
atau perkenalan e-learning kepada seluruh anggota organisasi.
Peluncuran perdana dapat diadakan melalui bermacam pendekatan dan cara, baik
yang besar maupun sederhana.
·
Post-launch
Setelah memperkenalkan program CAI kepada
seluruh anggota organisasi, melakukan beberapa kegiatan untuk menjaga tingkat
keikutsertaan anggota dalam program CAI dan cara menjaga
kepuasan pembelajaran peserta pelatihan.
d.
Evaluasi
Setelah melaksanakan rencana
penerapan CAI dan anggota organisasi mencoba mengikuti dan
mengambil materi yang ditawarkan, melakukan penilai keberhasilan program.
Penilaian akan dilakukan secara bertahap sebagai berikut:
·
Level 1
Mengukur
kepuasan peserta pelatihan dari segi interaksi dan tampilan program CAI.
·
Level 2
Mengukur
hasil pembelajaran, apakah peserta pelatihan dapat menyerap materi.
·
Level 3
Mengukur apakah materi pembelajaran
benar-benar digunakan oleh peserta pelatihan ketika melakukan kegiatan
sehari-hari sehingga kinerja meningkat.
·
Level 4
Mengukur berapa banyak hasil yang
didapat dengan adanya pelatihan CAI sehingga kinerja sumber
daya manusia meningkat. Hasil tersebut dapat dibandingkan dengan jumlah
investasi yang ditanam agar mendapatkan hasil ROI (return on investment)
dari penerapan CAI.
Setelah
evaluasi, kemudian kembali dilakukan analisis, perencanaan dan pelaksanaan
untuk mengembangkan program CAI. Jadi, hasil evaluasi yang
dilakukan akan menjadi bahan analisis untuk mengembangkan strategi berikutnya.
Apabila hasil evaluasi penerapan CAI kurang memuaskan, maka
harus dianalisis dan mencari penyebabnya, agar dapat merencanakan dan mengambil
tindakan untuk mengatasinya.
D. Perencanaan Computer Aided Instruction
Untuk merencanakan CAI,
perlu dilakukan observasi sebagai berikut:
1.
Biaya untuk mengonversi instruksi
dalam kelas menjadi format elektronik multimedia.
2.
Migrasi semua kursus pada saat yang
bersamaan atau dalam satu bagian.
3.
Membangun sistem sendiri atau
menggunakan tenaga perusahaan lain.
4.
Memeriksa efektivitas dari proses
migrasi.
5.
Isu-isu mengenai faktor manusia
dalam penerimaan migrasi ke CAI dan latihan terbaik untuk
mengatasi faktor-faktor tersebut.
E. Pelaksanaan Computer
Aided Instruction
Pada
pelaksanaannya, sekitar 90% kampus perguruan tinggi nasional juga
mengandalkan berbagai bentuk pembelajaran elektronik, baik untuk mengajarkan
para mahasiswanya maupun untuk kepentingan komunikasi antara sesama dosen.
Kemajuan yang demikian ini sangat ditentukan oleh sikap positif masyarakat pada
umumnya, pimpinan perusahaan, peserta didik, dan tenaga kependidikan pada
khususnya terhadap teknologi komputer dan internet. Sikap positif masyarakat
yang telah berkembang terhadap teknologi komputer dan internet antara lain
tampak dari semakin banyaknya jumlah pengguna dan penyedia jasa internet.
Adapun secara khusus bila diuraikan satu per satu, maka pelaksana dari
sistem CAI dapat dibagi sebagai berikut:
1. Project Manager
Project manager atau
manajer proyek adalah pelaksana inti proyek implementasi CAI.
2. Sponsor
Sponsor bukanlah pihak yang
membiayai CAI, tetapi orang yang bertindak mewakili organisasi
untuk memastikan penerapan CAI mencapai hasil yang diinginkan.
3. Konsultan Teknologi Informasi
Dalam melaksanakan tugasnya, seorang
sponsor atau project manager mungkin tidak mengetahui
teknologi CAI secara mendalam dan struktur teknologi informasi
yang dimiliki organisasi. Mereka memerlukan seorang konsultan Teknologi
Informasi (TI).
4. Subject Matter Expert
Dalam membuat materi atau
pelajaran CAI, diperlukan seorang Subject Matter Expert
(SME). Seorang SME adalah seseorang yang mengetahui materi secara mendalam.
5. Instructional Designer
Instructional Designer bertanggung jawab mengatur materi pelajaran. Seorang Instructional
Designer bertugas mulai dari merancang tujuan pelatihan, rangka modul
pelatihan, aktivitas yang diperlukan, sampai tes atau evaluasi pelatihan.
6. Developer
Developer harus dapat menghasilkan desain gambar yang menarik dan
menuangkannya ke dalam pelajaran CAI yang berkesinambungan.
Oleh karena itu, seorang developer harus memiliki
kemampuan graphic design dan programming komputer.
7. Administrator
Selain semua peran di atas, tim
implementasi CAI membutuhkan seorang yang menangani
administrasi semua proses. Administrator perlu mendokumentasikan
hasil rapat, komunikasi yang terjadi antarbagian yang terkait, pendistribusian
informasi, membantu project manager dan sponsor dalam memantau
pemakaian budget, dan lain-lain.
F. Kelebihan dan
Keterbatasan Computer Aided Instruction
1.
Kelebihan
Adapun kelebihan yang ditawarkan
dari penggunaan CAI yaitu:
a. Mampu mengurangi biaya pelatihan.
b. Fleksibilitas waktu.
c. Fleksibilitas kecepatan
pembelajaran.
d. Standarisasi pengajaran.
e. Efektivitas pengajaran.
f. Dapat menyimpan data pelajar,
pelajaran, dan proses pembelajaran yang berlangsung.
2.
Kekurangan
Adapun kekurangan yang
dimiliki CAI yaitu:
a.
Penggunaan CAI menuntut budaya self-learning,
dimana seseorang memotivasi diri sendiri agar mau belajar.
b.
Membutuhkan investasi awal yang cukup besar untuk memulai
mengimplementasikan CAI, misalnya desain dan pembuatan program,
membeli komputer, dan sebagainya.
c. Karena
teknologi yang digunakan beragam, ada kemungkinan teknologi tersebut tidak
sejalan dengan yang sudah ada dan terjadi konflik teknologi sehingga CAI tidak
berjalan baik.
d. Tidak
semua materi yang dapat diajarkan melalui CAI, misalnya dalam hal
kegiatan fisik, seperti olahraga dan instrumen musik, sulit disampaikan
melalui CAI secara sempurna
BAB III
CONTOH APLIKASI COMPUTER AIDED INSTRUCTION
Pada
umumnya CAI merupakan segala kegiatan pendidikan yang menggunakan media
computer. Beberapa aplikasi (software) yang dapat digunakan untuk mendukung
pembelajaran sebagai berikut:
a.
Microsoft Power Point,
b.
Adobe Flash,
c.
Adobe Premier,
d.
Macromedia Dream Weaver,
e.
Microsoft Front Page,
f.
Java Script dan sebagainya.
BAB IV
STUDI KASUS COMPUTER AIDED INSTRUCTION
Meskipun ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan
untuk menunjang CAI, akan tetapi ada salah satu aplikasi yang sudah familiar
dan sering digunakan oleh guru yaitu Microsoft Power Point. Aplikasi ini mudah
digunakan karena mudah digunakan dalam presentasi ketika mengajar serta
dilengkapi berbagai animasi dan slide yang melimpah.
Di studi kasus ini kami akan membahas pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA ) kelas IV SD yang bertema bagian-bagian tumbuhan. Guru
dapat menyisipkan gambar tumbuhan beserta keterangannya di power point sehingga
dapat menarik minat siswa.
·
Tahap
1: Untuk membuat sebuah presentasi
dengan power point maka kita membutuhkan sumber referensi atau bahan yang akan
dijelaskan. Bisa diambil melalui buku elektronik yang berhubungan dengan tema
yang akan dibahas
gambar
4.1 sumber referensi dari e-book
·
Tahap
2 : Kita bisa memulai pembahasan di power point dengan pembukaan yang menarik
minat siswa. Tambahkan beberpa animasi dan gambar
gambar
4.2 slide ke-1 pembukaan di power point
gambar
4.3 slide ke-2 pembukaan di power point
Tahap 3 : Mulai masuk ke
tema pelajaran. Menyisipkan gambar keseluruhan bagian tumbuhan dengan
menambahkan beberapa animasi
gambar 4.4 pengeditan slide ke-3 mengenal bagian-bagian tumbuhan
gambar 4.5 hasil setelah pengeditan
gambar 4.6
slide ke-4 penjelasan tentang bunga
gambar 4.7
slide ke-5 penjelasan tentang buah dan biji
gambar 4.8
slide ke-6 penjelasan tentang daun
gambar 4.9
slide ke-7 penjelasan tentang batang
·
Tahap
4 : Setelah selesai memasukkan data-data yang diperlukan ke dalam power point
dan telah menambahkan animasi beserta gambar ataupun audio, maka power point
siap digunakan untuk presentasi.
Demikian
studi kasus yang telah kami bahas sebagai contoh penggunaan CAI untuk mendukung
kegitan belajar mengajar.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Salah satu aspek yang memainkan
peranan penting dalam kesuksesan implementasi Computer Aided
Instruction adalah tersedianya materi ajar elektronik yang dirancang
sesuai dengan kebutuhan. Dengan tersedianya materi ajar tersebut pada berbagai
topik dan juga tingkatan akan sangat membantu guru dalam proses belajar
mengajar. Bentuk bantuan tersebut dapat berupa penelusuran topik dengan cepat,
kelengkapan sumber belajar, penyimpanan yang kompak serta dapat
memvisualisasikan penjelasan secara interaktif. Dengan demikian CAI diharapkan
mampu untuk memunculkan inovasi baru di dalam pembelajaran.
B.
Saran
Demikian makalah yang kami buat, semoga dapat bermanfaat
bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik yang ingin disampaikan, silahkan
sampaikan kepada kami.
Komentar
Posting Komentar